Berikut ini Alasan Mengapa Bisnis Online Anda Tidak Berkembang
Bisnis online Anda tidak berkembang

Pada zaman modern ini, berhasil ataupun gagalnya bisnis yang Anda jalankan, berdasarkan pada seberapa besar peran Anda di internet. Anda mungkin juga akan merasakan bisnis online Anda hanya berjalan di tempat, tidak berkembang. Lalu mengapa bisnis online Anda tidak berkembang?

Setiap harinya, milyaran masyarakat mengakses internet dan sosial media seperti Anda membaca artikel dari Supplier.id  ini.

Ada banyak peluang, tetapi ada juga banyak persaingan. Banyak pebisnis online yang akhirnya kembali offline karena bisnis online yang dijalaninya dirasa tidak berkembang.

Agar Anda tidak mengikuti jejak tersebut, berikut alasan mengapa bisnis online Anda tidak berkembang yang bisa Anda simak dan pelajari.

Mengandalkan strategi lama

Teknologi dan strategi bergerak cepat. Apa yang Anda gunakan untuk bekerja saat ini mungkin tidak akan efektif bila dikerjakan dua bulan kemudian. Ada banyak sekali ilmu dan trik dalam pemasaran online.

Sebagai seorang pebisnis online, Anda harus menguasai hal-hal kecil seperti memilih keyword dan hashtag yang berhubungan dengan bisnis Anda untuk memudahkan calon pembeli produk Anda menemukan keberadaan website maupun toko online Anda melalui mesin pencari dan sosial media yang mereka gunakan.

Semakin banyak orang yang menemukan sosial media, website atau toko online Anda, maka akan membuat bisnis online Anda semakin berkembang. Bisnis online Anda tidak Berkembang jika Anda tidak belajar strategi-strategi baru.

Mulailah untuk mempelajari sedikit banyak tentang strategi pemasaran online dan tinggalkan strategi bisnis Anda yang sudah tidak efektif untuk digunakan pada zaman sekarang.

Tidak efektif menggunakan sosial media

Dalam sepuluh tahun terakhir, sosial media selalu menjadi lahan yang tepat untuk berjualan dan transaksi online.

Namun setiap sosial media memiliki masa kejayaannya masing-masing. Anda mungkin pernah menggunakan Friendster ataupun Multiply untuk berkomunikasi dan ataupun menjaul produk.

Kemudian trend sosial media mulai beralih ke Facebook dan Twitter walaupun hingga akhirnya pun tetap terjadi penurunan. Perlahan para pengguna sosial media mulai beralih ke Instagram dan membuat pebisnis online yang tidak cepat tanggap akan semakin tertinggal.

Bisnis online Anda tidak berkembang

Anda juga perlu membuat sebuah platform website ataupun toko online yang tidak akan tergerus zaman seperti sosial media.

Kurangnya pemasaran atau pemberian informasi tentang produk dan jasa melalui sosial media juga bisa menjadi hal yang tidak efektif. Ketika Anda telah memiliki website resmi yang menyertakan katalog produk Anda, Anda juga harus rajin untuk mempromosikannya melalui media sosial dengan cara yang baik.

Seperti memaksimalkan penggunaan hashtag, mengupload foto produk yang berkualitas, aktif memperbarui produk di media sosial dengan rentan waktu yang baik. Selain mengupload foto, hashtag dan update produk, Anda juga bisa beriklan di sosial media untuk promosi produk maupun  website Anda.

Platform iklan Facebook dan Instagram kini tengah menjadi primadona untuk memasarkan produk bagi para pebisnis online. Jika Anda ingin mempelajari tentang iklan facebook dan Instagram, Anda bisa menyimak beberapa artikel berikut ini:

Cara Membuat Iklan di Facebook Dengan Metode Pembayaran Bank Transfer

Membuat Iklan di Instagram untuk Mempromosikan Bisnis Anda

Tidak hanya Facebook dan Instagram sebagai sosial media bisnis online, Anda juga bisa menggunakan Line. LINE sebagai salah satu social messenger terbesar di Indonesia mempunyai aplikasi LINE@ khusus untuk mendukung bisnis online Anda.

Bisnis online Anda tidak berkembang

LINE@ adalah layanan yang ditujukan bagi Anda, pelaku bisnis terutama untuk kelas kecil dan menengah guna meningkatkan kualitas pemasarannya dalam format digital. Bila ingin mengetahui lebih banyak tentang Line@, Anda bisa simak artikel berikut ini:

Cara Mudah Scale Up Bisnis Online Anda dengan Social Messenger LINE@

Anda harus bisa memanfaatkan sosial media dan website dengan tepat, jika tidak bisnis online Anda tidak berkembang.

Tidak fokus dengan pentingnya trafic website yang dimiliki

Ketika Anda mempunyai website, jika  tidak peduli dengan trafic website maupun toko online Anda juga bisa menjadi alasan mengapa bisnis online Anda tidak berkembang.

Yang harus Anda lakukan untuk membuat trafik website Anda ramai pengunjung adalah dengan rutin mengupload konten dan artikel yang bermanfaat serta sesuai dengan kata kunci pada website Anda sehingga calon pelanggan yang sedang mencari artikel atau produk yang sesuai dengan artikel Anda, mereka dapat menemukan website Anda di mesin pencari.

Bisnis online Anda tidak berkembang

Selain itu, seringlah membagikan artikel Anda pada sosial media yang Anda miliki. Hal ini harus dilakukan secara rutin dan tidak instan, sehingga dampak positifnya pun bisa bertahan lama.

Jangan lupa menambahkan kalimat call to action untuk membuat pengunjung website Anda memberikan testimoni atau komentar agar website Anda menjadi ramai. Dengan begitu hubungan pengunjung ataupun customer akan semakin baik,  hal tersebut akan memberi dampak yang bagus untuk bisnis online Anda.

Jika pertumbuhan bisnis online Anda telah berhenti atau melambat, sisihkan beberapa waktu untuk melangkah ke rencana dan strategi yang baru. Pastikan Anda terus fokus pada apa yang akan membantu bisnis online bisa terus berkembang Anda.

Perencanaan yang bagus memang untuk meminimalisir kegagalan, tapi Jika nantinya Anda menemui kegagalan, Anda tidak perlu takut ataupun merasa malu.

Berarti Anda perlu belajar untuk menghadapi kegagalan sebagai bagian penting dari pertumbuhan Anda sebagai pebisnis. ambil juga hikmah dari ke. Buatlah ide yang menggebrak dan tidak pasaran sehingga bisnis Anda akan bertahan lama.

Bisnis Online Anda Tidak Berkembang karena Kurangnya Networking

Membangun networking atau mitra adalah hal yang sangat penting dalam membangun sebuah bisnis online. Membangun jejaring untuk berbisnis adalah hal yang akan mendukung bisnis Anda semakin maju.

Membangun networking  ini maksudnya adalah dengan memperbanyak rekan atau mitra bisnis yang akan semakin mendongkrak bisnis Anda.

Bisnis online Anda tidak berkembang

Sebagai contoh, jika Anda mempunyai bisnis fashion dengan brand yang Anda buat sendiri, tentunya Anda harus bekerja sama dengan toko kain yang sewaktu-waktu dapat memberi tahu jenis kain terbaru dan sedang tren di masyarakat.

Dan bahkan Anda akan bisa lebih maju jika mempunyai orang yang menjualkan produk Anda. Seperti seorang distributor, agen, atau reseller. Anda bisa mengajak orang lain untuk bergabung menjadi rekan bisnis Anda.

Nah bagi Anda para reseller, networking juga penting untuk mencegah bisnis online anda tidak berkembang.  Anda bisa belajar strategi pemasaran baru dari rekan-rekan Anda. Jika Anda bergabung bersama Supplier.id, Anda juga bisa melakukan networking dengan para member yang lain.

Supplier.id mempunyai  Facebook Grup Eksklusif dan Line Grup Eksklusif sebagai sarana Anda untuk belajar berbagai strategi pemasaran dan menjual produk Anda. Di sana, Anda bisa sharing dan tanya jawab dengan member-member yang lain.

Selain itu Supplier.id juga menyediakan Ebook Eksklusif dan Execution plan dari DigitalMarketer.id Labs yang membantu untuk menjual produk.

Itulah beberapa alasan mengapa bisnis online Anda tidak berkembang. Intinya Anda harus terus belajar hal-hal baru demi bisnis online Anda karena dunia internet atau online itu dinamis dan akan terus berkembang. Jika Anda tidak mau belajar, tentu saja bisnis Anda tidak akan berkembang atau akan berjalan stagnan. Semoga sukses!