Mengapa Perlu Mempertimbangkan untuk Memberi Sampel Produk Gratis?
memberi sampel produk gratis

Baik bisnis Anda sudah berjalan bertahun-tahun atau Anda baru saja meluncurkan sebuah website baru, memberi sampel produk gratis dapat menarik perhatian para pembeli.

Mungkin Anda berpikir bahwa mengirimkan sampel produk dapat menghabiskan biaya yang sangat besar. Misalnya begini, kalau Anda memberikan 1 sampel produk katakanlah Rp 20.000/item. Hanya untuk mencapai 100 orang, Anda butuh Rp 2.000.000, kan? lebih baik biayanya untuk iklan di Facebook, dengan budget Rp 2.000.000 sudah bisa dapat berapa likes?

Ternyata pernyataan itu belum tentu benar. Memberikan sampel produk mempunyai benefit yang berbeda dari sekedar iklan, dan keduanya juga dapat digunakan bersama-sama. Facebook Ads dan produk gratisan jika dikombinasikan dapat menjadi Call-to-Action yang sangat efektif. Selain itu, berikut beberapa benefit-benefit lain dari memberi sampel produk gratis yang patut Anda dipertimbangkan adalah:

Meningkatkan brand dan product awareness

Orang-orang yang belum pernah melihat atau menggunakan brand Anda dapat merasakan pengalaman secara langsung melalui sampel produk Anda. Ketika mereka sudah merasakannya, menyentuhnya, mencium aromanya, melihatnya dan mendengarnya, mereka akan mulai mengerti apa yang Anda jual. Dari situ mereka bisa memutuskan juga apakah mereka tertarik untuk membeli produk Anda.

memberi sampel produk gratis

Menciptakan Reciprocity (Perasaan Timbal Balik)

Kebanyakan orang merasa lebih dekat dengan bisnis yang telah mereka coba sampel produknya. Biasanya muncul timbal balik dari hal tersebut. Jika mereka tidak dapat menggunakan produk Anda, mereka mungkin akan memikirkan orang lain yang cocok menggunakannya. Semua orang menyukai sebuah hadiah. Jadilah lebih dermawan untuk memberikan sesuatu pada mereka.

Anda dapat memperoleh feedback dan review

Sampel dapat membantu Anda untuk mendapatkan masukan/saran dari customer mengenai produk baru Anda dan juga dapat membantu mengisi bagian testimonial Anda. Bersikaplah transparan pada mereka dan beri tahu mereka bahwa Anda menghargai saran dari mereka. Jika salah satu dari pelanggan Anda adalah blogger, efeknya akan lebih besar lagi. Jika mereka mengulas/review produk Anda di blog mereka, tentunya produk Anda akan terlihat oleh follower mereka dan akan membantu meningkatkan penjualan.

memberi sampel produk gratis

Anda dapat mencari tahu produk yang paling laku

Memberi sample produk gratis adalah cara yang sangat bagus untuk mengetes produk baru. Anda dapat terhindar dari kesalahan memutuskan sperti terlanjur memproduksinya secara massal, atau terlanjur memesan 1 kontainer produk dari luar negeri. Memberi sampel produk gratis memungkinkan Anda untuk melihat apakah customer menyukai produk Anda, sebelum Anda menyediakannya dalam jumlah besar.

Perlu diingat bahwa Anda perlu menentukan banyaknya jumlah sampel yang dapat menghasilkan kesimpulan yang akurat. Strategi ini dapat mengamankan keuangan Anda. Dengan cara tersebut, Anda dapat membuat penjualan terbaik dengan resiko yang lebih rendah.

Memberi sampel produk gratis dapat meningkatkan hubungan dengan customer

Berikan satu atau dua sampel pada pelanggan Anda sebagai sebuah kejutan, dapat disertakan dengan sebuah catatan bahwa Anda mengharapkan masukan dari mereka. Hal ini tentu akan menyenangkan mereka, sekaligus Anda mendapatkan masukan untuk produk Anda. Atau, Anda dapat mendorong pelanggan untuk berbelanja dalam jumlah tertentu untuk mendapatkan free sample.

memberi sampel produk gratis

Anda juga dapat menggunakan free product untuk relationship. Misalnya dengan mengirimkan free sample produk sebagai hadiah untuk pelanggan Anda yang merayakan ulang tahun atau anniversary, agar mereka merasa spesial.

Membantu public relation termasuk endorsement

Mengirimkan sampel ke influencer maupun blogger memungkinkan mereka untuk memberikan review atau penilaian terhadap produk Anda. Selain itu, jangan lupa bahwa banyak event dan expo yang mencari sampel produk untuk menyertakannya dalam goodie bag mereka untuk diberikan kepada pengunjung.

Membantu sosial media

Anda dapat menambahkan hashtag #giveaway untuk produk Anda dan mengajak pengguna sosial media untuk menyebarkan informasinya. Tentunya hal-hal yang gratis akan lebih cepat menyebar, dan Anda dapat juga mengkombinasikannya dengan iklam Facebook  untuk hasil yang lebih maksimal. Anda juga dapat membuat satu halaman website khusus agar pelanggan Anda mendapatkan info mengenai kesempatan mendapatkan sampel dan melihat update dari produk Anda.

memberi sampel produk gratis

Meningkatkan penjualan

Pernahkah Anda datang ke supermarket atau sebuah acara pameran dan Anda ditawarkan untuk mencoba sebuah produk baru? Bagaimana perasaan Anda? Pada umumnya customer yang mencoba sampel produk Anda, akan lebih merasa mempunyai ikatan dan cenderung meresponnya dengan membeli produk Anda. Entah itu mungkin merasa senang dan ingin membalas tindakan Anda yang positif dengan hal yang positif juga, atau mungkin juga karena gengsi. Namun yang jelas, mencoba sampel produk akan memicu reaksi dari mereka atau setidaknya mereka akan menyambut Anda lebih hangat.

Membuat pembeli lebih yakin

Khususnya jika Anda hanya berjualan secara online dan tidak memiliki toko offline, produk sampel akan membantu mereka untuk tahu bagaimana fungsi produk Anda dan bagaimana rasanya memakai produk Anda. Terlebih jika produk Anda lebih mahal dari produk sejenis lainnya, atau jika pelanggan Anda belum pernah mendengar tentang Anda sebelumnya, Anda perlu untuk menghilangkan keraguan yang mungkin mereka alami.

Kesimpulan

Memberi sampel produk gratis dapat memberikan benefit yang tidak dimiliki oleh metode lain. Namun, memang tidak semua produk dapat dibuat sampelnya, dan efektivitas untuk berbagai jenis produk mungkin berbeda. Tetapi, Anda dapat mempertimbangkan untuk memberikan sampel produk jika memungkinkan. Mungkin pepatah yang cocok untuk menggambarkan situasi ini: perlakukanlah orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan. Jika Anda memberikan sesuatu yang positif bagi pelanggan, mereka akan cenderung memberikan reaksi yang positif pada kita. Selamat berjualan!