Menjaga Loyalitas Pelanggan Bisnis Online Anda
Menjaga Loyalitas Pelanggan

Kredibilitas adalah suatu kualitas, kapabilitas, atau kekuatan untuk menimbulkan kepercayaan. Banyak orang setuju bahwa kredibilitas adalah aset termahal sepanjang massa.

Mengapa demikian? Seorang pemimpin yang kredibel akan membuat anggotanya merasa bangga menjadi bagian dari organisasi, menjadi semangat, memiliki komitmen, serta loyalitas dan rasa saling memiliki terhadap organisasi. Melalui hal tersebut, Anda tentunya bisa membayangkan, betapa berharganya kredibilitas ini. Bayangkan saja jika kredibilitas ini melekat kuat pada bisnis online Anda.

Sebagian besar pebisnis berasumsi bahwa loyalitas pelanggan/customer adalah hal yang sangat penting. Sebagai bisnis online yang hanya menggunakan internet untuk kelangsungan pemasaran serta penjualan, menjaga loyalitas pelanggan merupakan satu kesatuan yang penting dan tidak bisa dipisahkan dengan bisnis online.

Reputasi bisnis online yang baik tentunya dibangun dari banyaknya pelanggan yang loyal pula. Nah, bagaimana caranya untuk membangun dan mempertahankan itu semua? Berikut ini tips menjaga loyalitas pelanggan bisnis online yang bisa diikuti.

Kualitas produk adalah hal utama

Hal yang tidak dipungkiri dalam menjual produk adalah kualitas produk. Dengan menghadirkan produk-produk yang tidak menurun kualitasnya, maka pelanggan Anda akan selalu setia dengan produk yang Anda jual.

Menjaga Loyalitas Pelanggan

Anda bisa lihat contohnya dalam bisnis teknologi gadget, di mana produk-produk ciptaan perusahaan Apple seperti iPhone dan iPad selalu laris di pasaran meskipun harga produk-produk mereka selangit. Salah satu alasan masyarakat memilih produk buatan Apple tersebut karena kualitasnya yang selalu terjaga. Ini membuktikan bahwa kualitas produk merupakan hal utama dan bisa dibilang harga menjadi nomor dua.

Untuk itu selalu jaga kualitas produk bisnis online Anda. Lakukan quality control pada produk untuk tetap menjaga kualiatas dan menjaga loyalitas pelanggan.

Buat pelanggan merasa nyaman

Ada banyak cara untuk mempromosikan produk-produk yang Anda jual dari bisnis online Anda. Anda bisa mempromosikannya melalui website yang Anda punya, email, Facebook, Instagram, maupun social messenger seperti Line dan BBM (BlackBerry Messenger).

Jika promosi menggunakan sosial messenger, Anda pasti familir dengan broadcast message. Mempromosikan produk bisnis melalui broadcast message merupakan hal penting untuk menjaga engagement antara Anda dengan pelanggan.

Namun janganlah berjualan terus-terusan hingga pelanggan Anda merasa rishi dan terganggu. Misalnya, jangan sampai mengirim broadcast message terlalu malam sehingga mereka tidak terganggu. Selain itu, selingi konten promosi Anda dengan jokes, konten yang bermanfaat atau bahkan bercerita tentang kejadian populer yang sedang berlangsung.

Jangan pernah berdebat dengan pelanggan

Jika pelanggan Anda komplain atau sedang dalam emosi yang tinggi, baik melalui chatting, telepon atau bahkan secara langsung, usahakan untuk tidak memberikan kesempatan berdebat.

Jika mereka marah dan Anda juga marah, bisa dipastikan akan ada perdebatan panjang di dalam percakapan itu.

Anda harus bisa untuk tetap tenang dan mendengarkan setiap keluhan pelanggan yang disampaikan dengan penuh emosi itu. Walaupun mungkin Anda sebenarnya tidak merasa melakukan kesalahan, sampaikan permohonan maaf agar kekecewaan yang pelanggan Anda rasakan agak sedikit berkurang. Hal itu juga menunjukan bahwa Anda sebagai penjual tetap menghargai pembeli.

Menjaga Loyalitas Pelanggan

Maka dari itu penting untuk memberikan customer service yang ramah. Peran customer service sangat penting untuk sebuah bisnis, baik bisnis kecil maupun besar. Berikut ini ada ulasan bagaimana menangani customer yang marah:

12 Cara Jitu Menangani Customer yang Marah

Beri reward untuk menjaga loyalitas pelanggan

Memberikan bonus dan promo-promo menarik dapat memberikan dampak yang besar terhadap penjualan produk Anda. Misalnya, memberikan diskon 10% bagi mereka yang telah membeli produk Anda sebanyak 10 kali.

Menjaga Loyalitas Pelanggan

Selain itu, Anda juga dapat membuat kegiatan gathering atau event khusus untuk pelanggan setia Anda agar muncul ikatan emosional kepada produk Anda. sehingga dari hal tersebut loyalitas pelanggan Anda akan tetap terjaga.

Bangunlah komunitas pelanggan dan tawarkan mereka menjadi reseller produk Anda

Komunitas pelanggan tidak hanya berperan sebagai media promosi, namun juga menjadi sarana untuk membangun loyalitas. Komunitas juga sebenarnya bisa menjadi public relation bagi perusahaan yang secara otomatis menjadi media promosi kepada masyarakat lebih luas. Mereka akan menjadi perpanjangan tangan dari pemasaran dan penjualan produk Anda.

Komunitas tersebut juga bisa Anda buat melalui sosial media seperti membuat Facebook Group misalnya. Dalam Facebook group tersebut, Anda dan para anggota komunitas bisa sharing satu sama lain strategi baru untuk penjualan produk ataupun permasalahan pada penjualan produk Anda.

Hal ini juga dipunyai oleh supplier.id. Supplier.id mempunyai  Facebook Grup Eksklusif dan Line Grup Eksklusif sebagai sarana Anda yang bergabung untuk belajar berbagai strategi pemasaran dan menjual produk Anda. Di sana, Anda bisa sharing dan tanya jawab dengan member-member yang lain.

Itulah 5 cara untuk menjaga loyalitas pelanggan, agar mereka terus setia membeli produk bisnis online Anda. Anda juga bisa mengikuti beberapa tips di atas untuk menjaga loyalitas pelanggan, agar bisnis Anda semakin berkembang. Semoga sukses!